What will happen when you get the music with visualization? UNLIMITED IMAGINATION!

WhatsApp Image 2017-03-17 at 00.00.11.jpeg

(Photo by: @rizaljava13 Ahmad Ainun Rizal)

      MonoHero adalah satu dari sedikit unit musik di Malang dan mungkin Indonesia yang “dengan indahnya” mengawinkan dua cabang seni: Rupa dan Musik. Proyek ini diprakarsai oleh 3 “mantan” mahasiswa UM dari fakultas Sastra (Ketiganya sudah tidak kuliah, FYI) MF Wafy selaku main composer dilengkapi oleh Arie
“Omen”
pada vokal dan Alfian Roesman “Kebeb” sebagai mapping player. Mengambil root pada musik Psychedelic, mereka bertiga mengisahkan berbagai kegelisahan kehidupan dengan cara bernada dan rupa.

Seperti disinggung di atas, root MonoHero merupakan musik Psychedelic. Penulis seperti melihat sebuah kombinasi influence dari Kevin Parker-nya Tame Impala, organic sounds-nya Tycho dan ambience dari Brian Eno  ditambah beat-beat electronic pada komposisi-komposisinya. Presentasi komposisi Psychedelic terdiri dari lantunan guitalele milik Wafy yang diberi efek sedemikian rupa sehingga membuat sebuah ambience unik. Permainan dynamic yang biasanya dimulai dari petikan broken chords dan beranjak naik turun sesuai komposisi, ditambah dengan bantuan instrumen sequencer merupakan ciri khas dari musik MonoHero seperti pada komposisi “Escalating Wanderlust”. Semua itu lengkap dengan ditambahkannya vokal Omen yang di-treatment serupa, menjadi sebuah ambience yang membaur dengan guitalele Wafy tersebut. Satu hal lagi dari MonoHero adalah karakter dan pembawaan vokal Omen yang lebih tepat disebut instrumen suara daripada sebuah vokal bernada (seperti kebanyakan vokalis).

MonoHero merupakan sebuah band audiovisual (seperti telah disinggung di atas), jadi penulis amat sangat menyarankan agar menikmati MonoHero dalam setting LIVE. Dengan audiovisual berupa menembakkan LCD pada performers dan mapping, MonoHero menawarkan sesuatu yang tidak semua grup punya: Pengalaman penuh audiovisual dalam setiap presentasinya. Penulis sendiri pernah merasakan bagaimana fly high (tanpa LSD tentunya-red) saat mencoba menikmati musik MonoHero secara Live. Ini bukan berarti penulis melarang mendengarkan MonoHero secara rekaman, tetapi lebih kepada pemenuhan fantasi dan pengalaman to the maxLive MonoHero yang di atas rata-rata.

Secara keseluruhan, penulis melihat MonoHero sebagai salah satu grup musik yang sangat unik. Bagaimana band yang baru saja ngetour dengan Teman Sebangku ini berani konsisten menjamah sebuah teritori Electronic Psychedelia yang bisa dibilang jarang ada di Malang dan Indonesia. Menyuguhkan pengalaman Live yang di atas rata-rata, MonoHero merupakan one of the most must-be-seen bands di kancah permusikan UM sekaligus Malang dan Indonesia pada umumnya.

-KMPL-

IG                                  : @monohero_music

CP                                 : themonohero@gmail.com

Youtube (keyword)      : MonoHero

Advertisements